Thursday, May 27, 2010

KENAPA SICH, KAMU SUKA MEMBANTAH...???

Bismillahirrahmanirrahiim,

Sahabatku yg dirakhmati Allah Ta’Ala,

Pernah gak, dalam kondisi seperti ini, ketika menyuruh anak belajar atau mandi pasti banyaaak bener alasannya untuk mengatakan “tidak”, “nanti dulu” atau “Iya maa… sebentar lagi”. Bisa juga mereka mengemukakan seribu satu alasan supaya membantah perintah kita, meskipun pada akhirnya mereka juga akan mematuhi kita. Meskipun dengan wajah cemberut dan ditekuk dalam2.

Sahabat, saya pun sering mengalaminya sebagai seorang mama dengan tiga orang anak yg masih balita dan beranjak remaja. (Syukurlah yg terakhir masih 8 bulan, paling2 saya disembur jika malaikat mungil saya itu gak suka dengan bubur yg saya buatkan).

Sebenarnya jika kita mengetahui mengapa mereka demikian, sudah seharusnya kita tidak perlu terpancing emosi. Jika kita bisa memahami mereka, maka akan memudahkan kita dalam mendidik mereka. Sahabat, ada beberapa analisa saya dibawah ini, mengapa seorang anak suka membantah, mari kita bahas bersama faktor penyebabnya dahulu.

FAKTOR PENYEBAB ANAK SUKA MEMBANTAH :

Mencari Perhatian
Biasanya mereka suka membantah karena ingin mencari perhatian kita. Ingin beda sendiri dan lain dari saudara2 nya. Mereka berharap dengan demikian, mendapatkan perhatian kita melebihi perhatian kita pada saudara2nya yg lain.

Menunjukkan Jati Diri
Dia ingin menunjukkan kepada kita, bahwa dia sudah besar, dan ingin pendapatnya dihargai secara personal. Mama harus tau, apa mauku, benar atau salah belakangan… kira2 demikianlah yg ingin disampaikan anak kita.

Menunjukkan Perasaannya
Bisa jadi anak membantah ingin menunjukkan perasaannya pada kita. Biasanya ingin memperlihatkan rasa marah, kesal dan lain sebagainya. Misalnya begini, dia sedang asyik main PS tiba-tiba kita suruh mandi, maka langsung timbul reaksi membantah karena mereka marah kesenangannya diganggu/diinterupsi mamanya.

Menunjukkan Kekuasaan
Misalkan begini, di supermarket seringkali mereka meminta dibelikan sesuatu yg berbeda dengan perjanjian sebelumnya di rumah. Jika diingatkan, biasanya mereka akan membantah dan mengeluarkan jurus2 maut (seperti merengek, cemberut dll) supaya mamanya “mengalah” dan mereka “berkuasa” karena berhasil membujuk mamanya melakukan apa yg mereka inginkan.

Trus gimana doong… cara menghadapinya…?? Dibawah ini ada beberapa cara jurus2 maut untuk menghadapi anak yg suka membantah (jangan kalah dong, sama anak kecil..)

CARA MENGATASI ANAK YG SUKA MEMBANTAH

Cari Tau, Mengapa..?
Cari tau mengapa mereka membantah kita dan tidak mau menuruti nasehat kita (jadi balik ke tulisan yg diatas)

Bersabar
Ooops… jangan terpancing emosi yaa…. Sabar… sabar… Misalkan begini, jika anak, kita suruh mandi kemudian jawabnya “sebentar lagi, ma”. Maka beri mereka waktu sesuai dengan kesepakatan bersama “oke.. mama kasih waktu 10 menit lagi” jika mereka minta negosiasi “ 15 menit lagi..” maka kabulkan saja. “Oke 15 menit lagi, tapi setelah itu kamu harus segera mandi.. deal..?” Dijamin mereka akan senang karena merasa dihargai, sekarang tinggal kita yg harus bersabar menunggu mereka menepati janjinya.

Jelaskan Alasan
Berikanlah alasan yg paling masuk akal mengapa mereka harus mematuhi kita. Jangan katakan “pokoknya gak boleh ya gak boleh..” itu namanya otoriter. Ingat saja, waktu kecil kita juga benci kan, dibegitukan oleh kakek dan nenek mereka..? Contoh menjelaskan alasan, misalkan begini, jika kita larang mereka memainkan pisau, maka jelaskan bahwa pisau itu tajam, bisa melukainya, jika perlu perlihatkan betapa tajamnya pisau itu memotong sesuatu, katakan apakah mereka ingin jari tangannya seperti itu jika menjadikan pisau sebagai permainan.

Harus tegas dan jangan kompromi
Jika mereka masih membantah… Perlihatkan “Who’s the Boss”..siapa yg berkuasa, bukan dengan cara membentak mereka tapi acuhkan saja, seolah menulikan telinga.. pura2 tidak mendengarkan bantahan dan rengekan mereka. Katakan saja, “mama baru mau ngomong sama kamu, kalo kamu sudah patuh sama mama”. Cara ini efektif, karena mampu membuat kita tidak terpancing emosi.

Pujilah Mereka
Jika mereka akhirnya patuh pada kita, berikanlah pujian “Naah… gitu dong, itu baru anak sholeh/ah…ini baru calon penghuni syurga, nanti kakak/abang ajak mama masuk syurga juga ya sayang..” Dijamin mereka akan senang dan merasa dihargai dengan ucapan kita tersebut.

Biarkan Mereka Kecewa
Sekali-kali kita boleh kok bikin mereka kecewa, itulah kehidupan. Kelak dikala mereka dewasa dan berkompetisi, mereka pasti akan mengalami kekecewaan dalam hidup. Tidak selamanya keinginan mereka harus terpenuhi. Jangan biarkan mereka menjadi anak yg manja dengan memenuhi apa saja pinta mereka.

Tunjukkan bahwa Engkau Menyayangi mereka
Setelah rasa kecewa mereka reda, peluklah mereka, ucapkan bahwa apa yg kita lakukan itu untuk kebaikan mereka sendiri, karena kita menyayangi mereka. Perlihatkan bahwa anda tidak marah pada mereka tapi marah pada kelakuan mereka yg nakal.

Demikanlah sahabatku, sedikit analisa dari saya yg masih miskin ilmu tentang menghadapi anak2 yg terkadang suka membantah… Semoga ada manfaatnya bagi sahabatku yg membacanya. Jika sahabat ingin menambahkan, silahkan..

Segala kesempurnaan adalah milik Allah Subhana Hu Wa Ta’Ala, saya hanyalah yg dhoif yg sedang belajar ilmu Allah yg tersirat.

Wassalam,
Cibubur 26 Mei 2010

RINA SYARIF,
Yg lemah dan miskin ilmu

1 comment:

  1. assalamu'alaikum :)

    Segala Puji bagi Allah, sudah punya blog pribadi juga mbak...:)
    Saya sudah follow mbak, Barokallahufik..

    ReplyDelete